Loading

wait a moment

Berita Indonesia Kebakaran Rumah Akibat Tabung Gas Kembali Terjadi

Berita Indonesia Kebakaran Rumah Akibat Tabung Gas Kembali Terjadi

Berita Indonesia – Pada musim peralihan dari bahan bakar minyak tanah ke gas LPG, banyak permasalahan di Indonesia yang terjadi sebagai dampak dari adaptasi masyarakat terhadap penggunaan gas, dan kasus yang paling sering terjadi adalah kebakaran yang disebabkan gas LPG. Pada saat itu, hampir setiap pekan terjadi kebakaran rumah di Indonesia yang tersebar di beberapa daerah, dan ini menjadi momok baru bagi pemerintah.

Setelah ditelusuri, ternyata sebagian besar kebakaran ini terjadi akibat regulator gas yang bocor, sehingga membuat gas LPG pun berhamburan dan mengenai sumber api sehingga menyebabkan ledakan dan kebakaran yang cukup mampu melahap habis sebuah rumah. Seiring dengan perkembangan waktu dan pengetahuan masyarakat, kejadian kebakaran seperti ini sudah menurun secara drastis karena masyarakat semakin paham bagaimana cara memperlakukan gas LPG agar tidak terjadi kebocoran yang berujung pada kebakaran.

Namun, sayangnya setelah bertahun-tahun berjalan, kini kebakaran akibat gas LPG kembali terjadi. Adalah salah satu rumah yang berada di Cakung, Jakarta Timur yang tepatnya berada di Jalan Palad, mengalami kebakaran yang disebabkan karena bocornya sebuah regulator dari tabung gas LPG.

Informasi kebakaran ini diterima pada hari selasa, tepatnya pada tanggal 17 April 2018. Kebakaran ini melahap bagian dapur dari rumah yang terbakar, karena disitulah tabung gas LPG diletakkan. Sebagai penanganan dari kasus kebakaran ini, petugas pemadam kebakaran telah mengirim 3 mobil pemadam untuk memadamkan api yang tengah berkobar di rumah tersebut.

Setelah mobil datang, tindakan pemadaman dan evakuasi segera dilakukan untuk segera mengakhiri kejadian ini. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan semua penghuni rumah pun selamat. Pemadaman ini pun tidak berlangsung lama, dan peristiwa segera terselesaikan ketika pemadam kebakaran sudah berhasil mematikana api yang berkobar.

Peristiwa semacam ini cukup penting untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran masyarakat zaman sekarang. Meskipun sudah terbiasa dengan menggunakan gas LPG sebagai bahan bakar memasak sehari-hari di rumah, namun jangan sampai masyarakat dibuat lengah dengan kemungkinan terjadinya hal yang tidak diinginkan. Sebaiknya, masyarakat rutin melakukan cek terhadap tabung gas LPG yang digunakan lengkap beserta regulator, agar setiap jengkal keamanan bisa dipastikan dan memperkecil kemungkinan terjadinya ledakan.

Hal paling mendasar yang perlu dijadikan sebagai fokus masyarakat adalah bahwa ketika terjadi ledakan atau  kebakaran yang disebabkan gas LPG, kemungkinan terbesarnya adalah terjadinya kebocoran pada selang atau regulatornya, bukan pada tabungnya. Hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat yang waspada terhadap tabung gas LPG dan takut terjadi sebuah kebocoran.

Padahal tidak demikian, karena kebocoran bisa terjadi pada selang atau regulatorya saja. Sehingga, yang harus diwaspadai oleh para masyarakat adalah selang dan regulator, dan bukan pada tabung gas LPG yang digunakan. harapannya, penggunaan gas LPG ini bisa disesuaikan dengan baik dan masyarakat semakin bijak dalam menyikapi penggunaan ini, termasuk dengan menghemat penggunaan gas LPG. Permasalahan lain selain rawan terjadinya ledakan akibat kebocoran selang, kelangkaan gas LPG juga harus diperhatikan.

Sebagai upaya untuk melestarikan gas LPG dan memperpanjang jangka penggunaannya, maka sebaiknya menggunakan gas LPG disesuaikan dengan kebutuhan dan digunakan sehemat mungkin. bila masyarakat bisa kompak untuk menggunakan gas LPG secara hemat dan berhati-hati, maka permasalahan gas LPG di Indonesia akan berkurang dan masyarakat pun tetap sejahtera.